MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 KUDUS

Gelar Karya Jurnalistik, Seminar dan Expo University di MAN 1 Kudus


Kegiatan tahunan Gelar Karya Jurnalistik kembali dilaksanakan oleh OSIS MAN 1 Kudus. Gelar Karya Jurnalistik kali ini menampilkan berbagai Mading D3 karya siswa-siswi MAN 1 Kudus. Kegiatan ini merupakan lanjutan dari kegiatan jurnalistik sebelumnya yaitu Latihan Dasar Jurnalistik, pada Sabtu, 17 Februari 2018. Kegiatan ini sebagai wadah kreativitas peserta didik. Selain itu, untuk menggali potensi peserta didik dalam hal tulis menulis.

Bekal yang telah didapat pada Latihan Dasar Jurnalistik diterapkan dalam pembuatan majalah dinding D3. Hasilnya sebanyak 20 majalah dinding D3 berhasil ditampilkan para peserta didik di Hall In MAN 1 Kudus. Dengan tema Penanggulangan hoaks, para peserta didik menampilkan beragam karya menarik.

Gelar Karya Jurnalistik ini dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan para Alumni MAN 1 Kudus yang tergabung dalam Almansa. Bertajuk SemEx 2018, Almansa menyelenggarakan Seminar motifation building yang diisi oleh dua pembicara yakni Bejo Prawiro, S.H dan Elania Aflah, S.SI.. Bejo Prawiro merupakan alumni MAN 1 Kudus angkatan tahun 1997 yang berprofesi sebagai Pengacara. Pembicara kedua, Elania Aflahah merupakan alumni MAN 1 Kudus angkatan tahun 2012 yang sekarang sedang menempuh pendidikan S2 di IPB. Bertempat di lantai dua gedung B MAN 1 Kudus, seminar berlangsung sangat meriah. Para peserta didik kelas XII tampak antusias bertanya kepada pembicara. Seminar yang bertema “Menggugah Asa Meraih Cita” tersebut berhasil menyedot perhatian peserta didik untuk menyimak kiat-kiat menjadi orang sukses sebagaimana disampaikan oleh pembicara.

Tidak hanya seminar saja, bertempat di Halaman MAN 1 Kudus, Almansa juga menggelar ekspo perguruan tinggi. Ada 21 Perguruan Tinggi yang ikut dalam Expo Pendidikan di MAN 1 Kudus ini. Tidak hanya perguruan tinggi di Kudus saja yang mengikuti ekspo ini, namun juga perguruan tinggi di Jawa Tengah, bahkan dari daerah lain juga ada. Perguruan Tinggi tersebut antara lain, Universitas Diponegoro, Universitas Negeri Semarang, UIN Walisongo, Polines, Upgris, Udinus, Unisbank, Unisula, IPB, Unsoed, UMS, UNS, Unisma, UMK, IAIN Kudus, Stikes Cendikia Utama, Akbid Muslimat NU, Stikes Muhammadiyah, Unwahas, STIE Ahmad Dahlan Jakarta, Poltekes.

Seminar dan ekspo ini, diperuntukkan peserta didik kelas XII yang diharapkan dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang Perguruan Tinggi. Acara ini, dibuka oleh Kepala MAN 1 Kudus, Bapak Drs. H. Suhamto, M.Pd. Beliau mengatakan, acara seperti ini adalah jalan bagi para alumni untuk memberikan pengetahuan tentang dunia perkuliahan. Secara khusus Pak Hamto berpesan agar semua siswa kelas XII mengembangkan skill setelah lulus dan jangan sampai menikah di usia muda. Beliau berharap 80 persen dari jumlah siswa kelas XII di MAN 1 Kudus dapat melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Lalu sisanya diharapkan dapat meneruskan ke lembaga kursus atau sebagainya untuk mengembangkan skill terlebih dahulu. Selanjutnya Pak Hamto berpesan untuk para lulusan Madrasah Aliyah Negeri agar dapat mengembangkan diri terlebih dahulu, sehingga dapat memberikan sumbangsih pada negara ataupun daerah.(Tim Jurnalistik)


0 Komentar

Tulis Komentar