MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 KUDUS

KULIAH KERJA NYATA TERINTEGRASI KOMPETENSI MAHASISWA STAIN KUDUS DI MAN 1 KUDUS


Sebanyak 11 mahasiswa STAIN Kudus melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di MAN 1 Kudus yang dimulai pada tanggal 12 Februari − 18 Maret 2018. KKN ini berbeda dengan KKN tahun kemarin yang masuk di pemberdayaan masyarakat desa. KKN ini dioptimalkan pada program madrasah, sehingga dapat terintregasi dengan kompetensi jurusan tarbiyah / pendidikan.

KKN terintegrasi dengan kompetensi ini, merupakan gagasan baru di STAIN Kudus. Gagasan tersebut untuk melengkapi definisi KKN bukan hanya sebagai pengabdian kepada masyarakat, namun juga sebagai pengabdian di Madrasah. KKN kompetensi ini menuntut pihak perguruan tinggi untuk mendesain fungsi pengabdian berbasis pada kompetensi program studi mahasiswa peserta KKN. KKN kompetensi melihat sasaran KKN dari perspektif kompetensi program studi. Sasaran masyarakat berbasis kompetensi ini adalah institusi-institusi di masyarakat yang memiliki kegiatan dan bergerak di bidang kompetensi. Institusi-institusi berbasis program studi ini dinamakan sebagai institusi pengguna lulusan prodi. KKN terintegrasi dengan kompetensi merupakan layanan program terpadu yang diberikan kepada mahasiswa dalam satu semester untuk memaksimalkan mutu layanan perguruan tinggi kepada mahasiswa agar mahasiswa berkesempatan belajar secara efektif dan lulus tepat waktu.

Dalam KKN terintegrasi dengan kompetensi gelombang II tahun 2018, STAIN KUDUS hanya memberangkatkan 892 mahasiswa, yang semuanya berasal dari Jurusan Tarbiyah. Mahasiswa Jurusan Tarbiyah ini akan melakukan pengabdian di beberapa institusi pengguna, yaitu di Lembaga Pendidikan Madrasah dari seluruh Jenjang Pendidikan, yaitu PGRA, MI, MTs dan MA. Mahasiswa melakukan pengabdian di insititusi pengguna sesuai dengan kompetensi program studi masing-masing. Adapun mahasiswa yang melaksanakan KKN di MAN 1 Kudus adalah sebagai berikut : Muhammad Abdul Jalal (Ketua), Muhamad Rofikul Ihsan (Sekretaris), Faishol Majdi (Bendahara), Muhammad Abdul Ghofur, Muhammad Afrizal Rifqi, Muhammad Afif Sirojul Umam, Muhammad Abdul Aziz, Muhammad Safiq, Nahsul Ghonimah, Nafi’atul Muzayanah, Susi Khomsatun. Kesebelas mahasiswa KKN tersebut di bimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan yaitu Dr. Masturin, M.Ag.


0 Komentar

Tulis Komentar