MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 KUDUS

Penerimaan Anggota Baru dan Pelantikan Pengurus PMR Wira MAN 1 Kudus

PAB dan Pelantikan Pengurus Baru PMR MAN 1 Kudus, di Diklat Menawan “Sonyawarih” , Gebog,Kudus


Palang Merah Remaja adalah suatu proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga yang mengandung pendidikan, dalam bentuk kegiatan yang menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis, yang dilakukan di alam terbuka dengan menggunakan Prinsip Dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional serta sistem yang bertujuan membentuk watak generasi muda, maka dalam rangka mempererat tali persaudaraan antara sesama anggota Palang Merah Remaja Tingkat Wira MAN 1 Kudus dan untuk melihat berbagai perkembangan Pengetahuan Kepalangmerahan, maka Palang Merah Remaja Tingkat Wira MAN 1 Kudus mengadakan PAB (Penerimaan Anggota baru) dan Pelantikan Pengurus PMR Wira.

Penekanan kegiatan pada pelantikan ini adalah membangkitkan daya kreativitas dan ketrampilan peserta didik untuk disiapkan menuju kehidupan yang lebih maju. Kegiatan ini bertujuan sebagai tempat menempa watak generasi muda dan proses pembentukan karakter suatu bangsa yang dilakukan sejak dini. PMR adalah salah satu ekstra yang paling diminati siswa MAN 1 Kudus. Ekstra yang tengah bersuka cita karena struktur kepengurusan yang baru ini, mengadakan PAB dan pelantikan pengurus baru PMR MAN 1 Kudus, di Diklat Menawan “Sonyawarih” , Gebog,Kudus, pada Sabtu-Minggu, 14-15 Oktober 2017 lalu.

Acara ini diadakan untuk memantapkan pengetahuan anggota baru PMR WIRA MAN 1 Kudus. Acara ini dimulai dengan apel kedatangan dan pelantikan pengurus baru pukul 16.00 WIB,dilanjutkan dengan sholat ashar berjamaah. Terdapat 6 kamar,masing-masing berisi 6 tempat tidur. Pada malam pertama, para peserta PAB diberi materi tentang pertolongan pertama pada kecelakaan maupun bukan. Materi ini memang diperuntukan bagi anggota PMR, yang  disampaikan oleh Kak Thoriq. Materi kedua, disampaikan oleh Kak Qolbuddin. Beliau menyampaikan materi tentang PRS (Pendidikan Remaja Sebaya). Materi ini berisikan ajakan-ajakan untuk menghindari perilaku menyimpang dan pengenalan tentang obat-obat terlarang . Setelah 2 jam berkutat dengan materi , peserta diajak unjuk kebolehan pada acara pensi oleh para anggota PMR Wira MAN 1 Kudus. Acara ini berakhir pada pukul 23.00 WIB.

Hari kedua, peserta mengikuti senam di pagi hari yang dipimpin oleh Kak Sufa, dilanjutkan dengan sarapan bersama. Pada pukul 08.00 acara dilanjutkan dengan outbond. Dalam acara ini, peserta di bagi menjadi 8 kelompok dan diajak bermain berbagai game di pos-pos yang sudah disediakan. Permainan outbound dimenangkan oleh kelompok 1 sebagai juara pertama, kelompok 8 sebagai juara 2 , dan kelompok 4 sebagai juara ketiga. Acara ditutup dengan permainan  “Babi ngepet” yang dimainkan oleh panitia dan seluruh peserta. Panitia bertugas sebagai penjaga lilin dari serangan air dari para peserta. Pukul 10.30 diadakan apel penutupan. (Jurnalistik 17/18)


0 Komentar

Tulis Komentar