MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 KUDUS

Ditengah Wabah Corona, Hafalan Alquran Santri Pondok Tahfidz Nurul Quran MAN 1 Kudus Tetap Terjaga


Sejak diberlakukannya darurat corona, beberapa kegiatan pun terkena dampaknya. Sekolah dan pondok pesantren diliburkan, belajar dan bekerja dilakukan di rumah. Bahkan kegiatan keagamaan di masjid dan tempat ibadah yang lain pun dibatasi.

Salah satu santri Putri Pondok Tahfidz Nurul Quran MAN 1 Kudus sedang melaksanakan deresan alquran di rumah.Meskipun demikian, para santri Pondok Tahfidz Nurul Quran MAN 1 KUDUS tidak cemas dan tidak khawatir. Biarpun pondok terpaksa diliburkan, Mereka tetap tidak pernah jauh dengan teman sejatinya, yaitu Alquranul karim. Mereka tetap “berduaan” dengan alquran. Prinsip mereka adalah sebaik-baik teman duduk setiap saat adalah alquran”. Anjuran pemerintah untuk tetap tinggal di rumah pun, mereka manfaatkan untuk meningkatkan kualitas hafalan alqurannya. Mereka sadar bahwa nderes alquran adalah sebuah kebutuhan, bukan sebuah kewajiban. Kepribadian semacam ini terbentuk dari pendidikan yang mereka dapatkan di dalam pondok. Program-program serta tata tertib pondok menempa mereka untuk berdisiplin waktu, peka terhadap lingkungan, dan semangat dalam belajar.

Zusrul Fadhilla yang merupakan salah satu santriwati Pondok Tahfidz Nurul Quran MAN 1 Kudus mengatakan bahwa Pondok Tahfidz Nurul Quran MAN 1 Kudus ini merupakan Pondok yang sangat istimewa. “Beruntung sekali saya bisa mondok di Pondok Tahfidz Nurul Quran MAN 1 Kudus. Meskipun awalnya saya kerepotan beradaptasi dengan jadwalnya yang sangat padat, Alhamdulillah lama kelamaan saya bisa mengikuti jadwalnya dan bisa merasakan kenyamanan dalam menghafal alquran.”. Ujar santriwati asal Jepara tersebut.

Oleh karena itulah, di tengah wabah corona seperti sekarang ini para santri tetap bisa menjaga hafalan alqurannya. Apalagi Pondok memberlakukan adanya halaqoh online, yang mana para santri dapat mentasmi’kan hafalan al-qurannya kepada ustadz / ustadzahnya dari rumah masing-masing. “Semoga halaqoh online ini dapat mengontrol deresan santri selama di rumah, sehingga hafalan alqurannya tidak hilang. dan semoga wabah corona ini segera berakhir. Kami beserta para santri bisa aktif di pondok lagi dan bisa belajar bersama-sama menghafal alquran.” Tutur pengasuh Pondok Tahfidz Nurul Qur’an MAN 1 Kudus, Drs.KH. Manshur, M.S.I.


1 Komentar

  1. Blog Bisnis
    Blog Bisnis
    02 Juli 2020 - 15:38:40 WIB

    Luar biasa, terus semangat adik2. Jangan lupa mampir ke https://bambosi.id


Tulis Komentar