MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 KUDUS

MAN 1 Kudus Finalis MYRES 2019 Tingkat NASIONAL


Prestasi yang membanggakan diraih oleh dua orang siswa MAN 1 Kudus yang karya tulisnya masuk final pada ajang Myres 2019. Karya tulis Mohammad Ulin Nuha siswa XI MIPA  3 dan Moh Faqih Firman siswa kelas XI MIPA 4 MAN 1 Kudus masuk final Myres 2019. Didampingi oleh Kepala MAN 1 Kudus Drs. H. Suhamto, M.Pd bersama H. SUHADI, S.Ag, M.SI selaku Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Kab. Kudus serta guru pembimbing Arif Noor Adiyanto, S. Pd.

Mereka membuat karya yang diberi nama ‘Apenjer’ yaitu Alat Pemberi Efek Jera pada Pelanggar Marka Jalan Berbasis Arduino. Sebelumnya dengan arduino, siswa MAN 1 Kudus juga pernah meraih prestasi di tingkat internasional yaitu di ajang Thailand Inventory Day di Thailand pada Februari lalu. 

Myres merupakan kegiatan tahunan yang digelar oleh Kementerian Agama RI. Madrasah Young Researcher SuperCamp(Myres) 2019 ini diadakan bersamaan dengan Kompetisi Sain Madrasah (KSM).  Bertempat di Kota Manado, kompetisi sains madrasah ini digelar selama enam hari, yaitu pada 16−21 September 2019. Kompetisi pada semua cabang akan dilaksanakan di IAIN Manado.

Karya Mohammad Ulin Nuha dan Moh Faqih Firman, merupakan salah satu penelitian yang masuk final. Dari 1.018 proposal yang diterima panitia, sebanyak 54 judul penelitian terpilih masuk final dan mengikuti Expo Madrasah Riset. Penemuan yang beragam diharapkan menjadi embrio sebuah karya besar yang dapat mengubah peradaban dunia. Ajang yang akan digelar selama satu minggu ini merupakan ajang paling bergengsi bagi siswa madrasah di Indonesia. Di ajang Myres, madrasah-madrasan baik negeri maupun swasta, dalam berbagai tingkatan, saling unjuk kemampuan dalam bidang sians dan teknologi. Semoga MAN 1 Kudus berjaya di ajang tersebut.


0 Komentar

Tulis Komentar